Jumat, 06 Mei 2011

tips makanan sehat untuk atlet-atlet muda

(COPAS DARI SUMBER TERPECAYA)

Kamu perlu tahu bahwa makan makanan dan minum minuman yang benar dan baik bisa membuatmu menjadi atlet yang lebih baik.
Para atlet professional pun tahu. Bahkan banyak tim olah raga profesional yang merekrut para ahli nutrisi (orang-orang yang mengerti mengenai makanan sehat) untuk membantu para pemainnya mengkonsumsi makanan yang benar. Temukan bagaimana cara memilih makanan-makanan yang baik untuk tubuh kamu di bawah ini.

Penuhi Semua Kebutuhan Dasar

Semua anak perlu mengkonsumsi berbagai macam makanan yang sehat, dan begitu juga para atlet. Semua orang membutuhkan makanan yang mengandung :
- Protein : telur, daging, susu, keju, yoghurt.
- Karbohidrat : buah-buahan, sayuran, nasi, kentang, roti
- Vitamin : buah-buahan, sayur-sayuran
- Mineral : susu, keju

Kamu juga membutuhkan LEMAK dalam makanan sehari-harimu yang bisa didapatkan ketika kamu mengkonsumsi daging, keju, mentega, minyak, dan lainnya.
Mengkonsumsi kalori lebih banyak yang membedakan para atlet dengan yang lain adalah kebutuhan makan mereka. Atlet membutuhkan lebih banyak makanan karena mereka banyak membakar kalori ketika banyak berlatih dan bermain. Imbangi jumlah makanan yang kamu makan dengan jumlah kalori yang kamu buang tiap harinya ketika kamu beraktivitas.


Kalsium dan Zat Besi
Kalsium dan zat besi adalah 2 zat kandungan yang penting untuk anakseum uran kamu. Kalsium membuat tulang kamu lebih kuat, sehingga kamu bisa lebih banyak dan leluasa beraktivitas. Kalsium bisa kamu temukan pada susu, keju, dan yoghurt. Bisa juga kamu temukan kalsium dalam sayuran hijau, atau jus buah seperti jus jeruk. Sangat penting bagi kamu untuk mengkonsumsi zat besi dalam setiap makanan kamu, seperti daging, cereal, atau kacang kering. Bisa juga kamu dapatkan zat besi dengan mengkonsumsi vitamin atau seuplemen yang mengandung zat besi. Tanpa zat besi, kamu jadi cepat lelah ketika beraktivitas.


Atlet Muda Tidak Perlu Diet
Tidak baik bagi atlet muda seperti kamu untuk diet, untuk mengurangi atau menambah berat badan. Pelatih atau teman yang mengatakan kamu harus diet kemungkinan memberikan saran yang salah. Lebih baik kamu konsultasi dengan orang tua kamu atau dokter nutrisi. Beberapa cabang olah raga memerlukan ukuran tubuh yang kecil atau besar, tapi kamu masih dapat merolah raga seperti gymnastic atau sepakbola tanpa harus mengurangi ata menambah berat badan kamu secara berlebihan. Karena kamu dalam masa pertumbuhan, sangat penting untuk membiarkan tubuh kamu tumbuh sampai seharusnya, dan diet bisa membahayakan bila tidak sehat.


Konsumsi Air Mineral
Kamu pasti sering melihat para atlet pemain bola minum air mineral saat istirahat setelah main. Hal itu karena para atlet membutuhkan air sebelum, saat, dan setelah latihan atau beraktivitas. Saat kamu mengeluarkan keringat , kamu kehilangan banyak cairan dari dalam tubuh kamu. Jika terlalu banyak keringat yang keluar dan kamu tidak mengkonsumsi air sebanyak-banyaknya untuk menggantikan cairan dalam tubuh kamu, kamu bisa terkena yang namanya dehidrasi (suatu keadaan di mana tubuh kekurangan cairan dan berbahaya bagi tubuh kamu). Jangan menunggu sampai kamu haus untuk mengkonsumsi air. Air mineral atau air putih adalah pilihan terbaik. Jus buah-buahan juga merupakan minuman yang menyegarkan. Tapi hindari mengkonsumsi soda, terutama yang mengandung kafein. Minuman olahraga boleh-boleh saja sesekali, tapi ingat minuman ini mengandung terlalu banyak gula dan kalori. Kamu boleh mengkonsumsi minuman olah raga jika kamu berkaktivitas dan berkeringat lebih dari 90 menit atau beraktivitas dengan cuaca yang sangat panas.


Waktunya Beraksi !
Saat waktunya tiba untuk kamu latihan atau bertanding, kamu mendapatkan energy dari makanan yang kamu konsumi selama satu minggu. Tapi tidak masalah jika kamu mau makan pada hari itu asalkan makanlah 2 sampai 4 jam sebelum latihan atau pertandingan dimulai. Jika perut kamu penuh akibat mengkonsumsi makanan dalam jangka waktu yang terlalu dekat dengan waktu kamu bertanding, kamu akan cepat kelelahan karena energy yang sebenarnya kamu butuhkan untuk bermain menjadi terpakai untuk mencerna makanan di dalam tubuh kamu. Makanan terbaik sebelum bertanding mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber energy, tapi hanya boleh dengan sedikit lemak dan serat karena bisa memperlambat proses pencernaan makanan. Kamu pasti juga tidak mau kelaparan selama pertandingan. Kamu bisa membawa makanan-makanan ringan seperti buah-buahan, roti selai, atau snack sehat lainnya. Hindari makanan atau minuman dengan kandungan gula yang berlebihan seperti soda atau permen dan coklat sebelum kamu latihan atau bertanding. Kamu mungkin bisa mendapatkan energy yang lebih ketika mengkonsumsinya, namun hanya untuk sementara dan tidak bertahan lama, dan setelah itu kamu akan merasa haus dan kering. Tapi dengan makan makanan dan minum minuman yang benar dan sehat akan membantu kamu bermain dengan sangat baik. Nah, sekarang sudah saatnya kamu tunjukkan aksimu!





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar